Assalamu'alaikum
Wr. Wb.
Selamat Pagi yang galau. Mengapa Galau? Karena hari ini mendung, hujan tidak cerah juga kemungkinan. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas tentang Dasar-dasar pada bahasa pemrograman Java. Apapun yang akan kita lakukan sebaiknya dilakukan dari dasar. Mengapa? Kalau ditanya mengapa, karena apapun yang dilakukan dari dasar hasil yang didapat akan lebih greget, memuaskan dan tidak akan sia-sia. Oleh karena itu, judul dari artikel kita kali ini adalah "Belajar Java dari Dasar Yuk!!".
Selamat Pagi yang galau. Mengapa Galau? Karena hari ini mendung, hujan tidak cerah juga kemungkinan. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas tentang Dasar-dasar pada bahasa pemrograman Java. Apapun yang akan kita lakukan sebaiknya dilakukan dari dasar. Mengapa? Kalau ditanya mengapa, karena apapun yang dilakukan dari dasar hasil yang didapat akan lebih greget, memuaskan dan tidak akan sia-sia. Oleh karena itu, judul dari artikel kita kali ini adalah "Belajar Java dari Dasar Yuk!!".
Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi OOP (Object Oriented Programming), yaitu suatu metode pemrograman yang berorientasi pada Objek, tujuannya untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang sudah ada pada kehidupan sehari-hari. Saya ambil contoh sebuah Mobil, mobil adalah sebuah Object yang terbentuk dari beberapa objek-objek yang lebih kecil lagi sepeti Mesin, Roda, Kursi, Stir dll. semua nya saling terhubung, berinteraksi, dan berkomunikasi satu sama lainya, nah begitu juga dengan program sebuah objek yang besar terbentuk dari objek-objek yang kecil dan objek-objek itu saling berinteraksi/ mengirimkan pesan dengan objek-objek lainya.
Dalam Pemrograman berbasis Objek, dikenal dengan beberapa elemen-elemen dasar diantaranya :
A. Class
Class merupakan penggambaran dari sebuah object. mari kita ambil contoh
sebuah alat transportasi, kita tahu bahwa banyak sekali alat transportasi
seperti mobil, motor, sepeda, pesawat, kereta nah kita anggap alat transportasi
itu sebagai sebuahclass.
kemudian pada sebuah kendaraan kita tahu ada terdapat merk, type kendaraan, tahun pembuatan, no kendaraan dll, nah kita anggap itu sebagai sebuahproperties.
Selanjutnya sebuah kendaraan itu kita tahu bisa bergerak maju, mundur, bergerak kekiri dan kekanan, mari kita anggap itu sebuah Method.
kemudian pada sebuah kendaraan kita tahu ada terdapat merk, type kendaraan, tahun pembuatan, no kendaraan dll, nah kita anggap itu sebagai sebuahproperties.
Selanjutnya sebuah kendaraan itu kita tahu bisa bergerak maju, mundur, bergerak kekiri dan kekanan, mari kita anggap itu sebuah Method.
public class transportasi
{
public static void main(String[ ] args)
{
kendaraan mobil=new mobil();
}
}
{
public static void main(String[ ] args)
{
kendaraan mobil=new mobil();
}
}
B. Inheritance
Inheritance merupakan
proses pewarisan data dari method dan variable class super kepada sub class
public class anak extends bapak
{
public class anak()
}
//program
}
}
{
public class anak()
}
//program
}
}
C. Polymorphism
Polymorphism merupakan
kemampuan objek dapat menerima banyak bentuk. dicontohkan sebuah method dapat
mempunyai nama yang sama tetapi dapat menerima parameter yang berbeda.
public belajarpoly (String a) {}
public belajarpoly (String a, int b {}
public belajarpoly (String a, int b {}
D. Encapsulation
Encapsulation yaitu
mengemas sebuah object sehingga ketika akan digunakan kita tidak perlu tahu
tentang detail implementasinya, user hanya mengetahui variable input dan ouput.
public void setNama(string a)
{
}
public string getNama()
{
}
{
}
public string getNama()
{
}
Set adalah
proses pemberian nilai kedalam method agar selanjutnya dapat diolah, sedangkan Get proses
mendapatkan nilai yang telah diolah
F. Exception
Exception adalah
suatu pengecualian yang terjadi selama program berjalan.
G. Try -Catch
G. Try -Catch
Try-Catch merupakan penangkap exception atau kesalahan pada blok try untuk
kemudian diberikan pada clause catch.
Try
{
// program
}
Catch (exception e)
{
JOptionpane.showMessage (null, e.getMessage());
}
{
// program
}
Catch (exception e)
{
JOptionpane.showMessage (null, e.getMessage());
}
ok
teman, itu adalah dasar – dasar teori tentang konsep dasar pemrograman java,
semoga
bermanfaat.
0 komentar :
Posting Komentar